Call Us: (0266) 532510
Follow Us:

Budidaya Ikan

  • Home
  • Program Studi
  • Budidaya Ikan

Profil Jurusan

A. Profil Jurusan

Semula Jurusan ini bernama Jurusan Usaha Tani Terpadu (UTT) melingkupi bidang Perikanan, Peternakan, Agronomi dan Usaha Tani, kemudian sesuai dengan perkembangan Kurikulum SMK tahun 1996 menjadi bidang keahlian tersendiri yakni bidang keahlian Budidaya Ikan Air Tawar, Budidaya Ternak dan Budidaya Tanaman.

Pada Tahun Pelajaran 2008/2009 sesuai Spektum Kurikulum baru menjadi Bidang Studi Keahlian Agrobisnis dan Agroteknologi dimana Jurusan Perikanan menjadi Program Studi Keahlian Agrobisnis Produksi Sumberdaya Perairan dengan Kompetensi Keahlian Agrobisnis Perikanan yang meliputi beberapa kompetensi yang diajarkan antara lain Penyiapan wadah, pembuatan aquarium, parameter dan kualitas air, pemijahan ikan air tawar, pembuatan pakan alami dan buatan, pengepakan dan pengangkutan ikan, analisa pasar, keselamatan kerja, dll. Serta melakukan Praktik kerja Industri (Prakerin) selama 3 bulan di dunia usaha atau industri.

Sampai sekarang jurusan ini sudah meluluskan 13 angkatan alumni dan sudah banyak bekerja tersebar di seluruh Indonesia seperti ke Banjarmasin, Aceh, Jawa tengah, Jawa Timur, Bali dsb, serta beberapa orang yang bekerja di luar negeri seperti Jepang.

Prestasi yang pernah diraih antara lain Lomba Keterampilan dan Teknologi Tingkat Kabupaten dalam bidang pembuatan pakan ikan, juara Lomba Keterampilan Siswa Tingkat Provinsi Jawa Barat dalam bidang Perikanan (Pemijahan Ikan Lele Secara Buatan) dst.

Kerjasama jurusan ini dalam usaha pemijahan ikan (Hatchery) dan Praktik Kerja Industri antara lain dengan beberapa dunia usaha seperti Ciherang Fish Farm, Balai Besar Pengembangan Air Tawar Sukabumi, Balai Besar Pengembangan Air Payau Jepara, Balai Benih Ikan Cangkringa Sleman, BBI Ngrajek, BBI Sawangan, BBI Muntilan Magelang, BBI Klaten, Balai Besar Pengembangan Benih Ikan Laut Air Tawar dan Udang Pangandaran dan Balai-balai lainya yang ada di Jawa Barat dan Jawa Tengah serta Yogyakarta.

Jurusan ini juga dapat menerima Pelatihan dan pendidikan Kecakapan hidup bagi pemuda putus sekolah baik secara individu maupun dengan sponsor dari institusi lain atau Pendidikan Luar Sekolah lainnya.

B. Fasilitas

Fasilitas yang dimiliki oleh Jurusan Agrobisnis Produksi Sumberdaya Perairan atau Agrobisnis Perikanan antara lain memiliki laboratorium basah untuk pembelajaran pembesaran dan pengembangan ikan hias dan sejenisnya, kolam beton semen 72 buah untuk pengembangan dan pemijahan ikan air tawar seperti Nila dan lele, ruang hatchery dilengkapi dengan 30 buah aquarium untuk pemijahan ikan Bawal, Lele,Patin dan ikan Hias serta kultur artemia dan satu ruang SBI yang representative.

Laboratorium. Basah Ruang Hatchery

C. Siswa

Jumlah Siswa dari kelas 10 sampai kelai 12 sampai Tahun Pelajaran 2008/2009 tercatat 182 Orang terdiri 3 rombongan belajar kelas 10, 2 rombongan kelas 11 dan Satu kelas kelas 12.

Pada Tahun Pelajaran 2008-2009 di jurusan ini membuka kelas Bertaraf Internasional (SBI) yaitu satu kelas, dan tahun ini seluruh kelas10 akan bertaraf internasional.

Kegiatan Ekstra Kurikuler di jurusan tidak terlepas dari kegiatan extra kurikuler di kesiswaan seperti OSIS,PMR, Pramuka dsb., tetapi ada kegiatan tambahan di Jurusan seperti Usaha Unit Produksi bersama antara siswa dan Jurusan berupa produksi larva ikan tawar antara lain Lele, Bawal, Nila, dan Patin

Mempacking larva siap jual Mempacking daging ikan donor

Kegiatan tambahan lainnya adalah setiap siswa diharuskan melaksanakan piket,di jurusan dan setiap praktik harus membuat laporan sendiri seperti membersihkan kolam, membetulkan aerator,memberi pakan, menjaga kebersihan dan keamanan lab. Melakukan praktik pemijahan ikan pada malam hari dan pemeliharaan larva serta menjaga suhu dan kualitas air sehingga setiap siswa memiliki etos kerja yang baik, mental kuat, disiplin serta tanggung jawab terhadap jurusan dan pada saat Praktik kerja Industri (Prakerin) nanti sudah terbiasa dengan kegiatan -kegiatan tersebut diatas begitu pula pada waktu Uji Kompetensi yaitu ujian Kemampuan Siswa dalam satu bidang keahlian di kelas XII nanti.

Menyiapkan wadah/kolam memanen larva di kolam

D. Staf Pengajar

Program Studi Keahlian Agribisnis Produksi Sumberdaya Perairan dengan Kmpetensi Keahlian Agrobisnis Perikanan diasuh oleh staf pengajar yang sangat kompeten pada bidangnya dengan strata pendidikan Sarjana strata 3 (S1) dan Sarjana strata 2 (S2) yang terdiri dari :

Dadan Sumengkar,SP, MMPd Mengajar : Membuat Wadah, membuat pakan alami dan buatan, mendederkan ikan di jaring apung,membuat aquarium, monitoring dan evaluasi terhadap transportasi dan penjualan ikan,
Taji Sutaji,SPi Mengajar : Mengelola induk, Membuat kolam, Membesarkan ikan, Memanen ikan, Mengepak dan Mengangkut ikan
Ati Yusmiarti,SP, MP Mengajar : Muatan Lokal, Keselamatan Kerja, Nutrisi
Yenti Rochmulyendti, S.Pi
Istiyah, S.Pi

E. Produk dan Kegiatan Unggulan

Program studi keahlian Agribisnis Produksi Sumberdaya Perairan memiliki kegiatan dan produk unggulan yaitu produksi benih ikan lele dumbo (Clarias gariepinus). Benih ikan lele dumbo diproduksi secara terus-menerus sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Ukuran benih adalah antara 1,5 � 2 cm dan dipelihara selama 14 hari di dalam bak tembok atau akuarium.

Kegiatan produksi dilakukan oleh setiap siswa baik kelas 10, 11, maupun 12 secara individual dan kelompok. Produksi benih dilakukan dalam satu wadah Teaching Factory (Teaching farming) dengan berorientasi profit (laba). Hasil produksi dijual ke konsumen langsung yaitu para petani pendeder atau pedagang pengumpul yang ada di wilayah Sukabumi. Kadang-kadang produk juga dipasarkan ke wilayah Bogor jika ada permintaan.