Bidang Studi KeahlianTeknologi Informasi dan Komunikasi di SMK Negeri 1 Cibadak, baru dibuka pada Tahun Pelajaran 2004/2005. Kompetensi keahlian yang dikembangkan adalah Multimedia.
B. Kurikulum 2013MATA PELAJARAN | KELAS | ||||||
X | XI | XII | |||||
1 | 2 | 1 | 2 | 1 | 2 | ||
Kel(Wajib) | |||||||
1 | Pendidikan Agama dan Budi Ptd> | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 |
2 | Pendidikan PancasKewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
3 | Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
4 | Matematika | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
5 | Sejarah Indonesia | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
6 | Bahasa Inggris | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
Kel(Wajib) | |||||||
7 | Seni Budaya | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
8 | Prakarya dan Kewirausahaan | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
9 | Pendidikan Jasmani, Olah RagKesehatan | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 |
Kel(Peminatan) | |||||||
C1Dasar Bidang Keahlian | |||||||
10 | Fisika | 2 | 2 | 2 | 2 | - | - |
11 | Pemrograman Dasar | 2 | 2 | 2 | 2 | - | - |
12 | Sistem Komputer | 2 | 2 | 2 | 2 | - | - |
C2Dasar Program Keahlian | |||||||
13 | Perakitan Komputer | 4 | 4 | - | - | - | - |
14 | Simulasi Digital | 3 | 3 | - | - | - | - |
15 | Sistem Operasi | 3 | 3 | - | - | - | - |
16 | Jaringan Dasar | 4 | 4 | - | - | - | - |
17 | Pemrograman Web | 4 | 4 | - | - | - | - |
C3Paket Keahlian | |||||||
18 | 18 | 24 | 24 | ||||
Paket Keahlian Multimedia | - | - | 18 | 18 | 24 | 24 | |
1.Multimedia | - | - | 2 | 2 | - | ||
2. Pengolahan Citra Digital | - | - | 4 | 4 | 4 | - | |
3.Animasi 2 Dimensi | - | - | 4 | 4 | |||
4.Animasi 3 Dimensi | - | - | 4 | 4 | |||
18 | 5. KoFoto Digital | - | - | 4 | 4 | 4 | - |
6.Pengambilan Gambar Bergerak | - | - | - | 4 | 4 | ||
7.Pengolahan Audio | - | - | - | - | 4 | - | |
8.Pengolahan Video | - | - | - | - | 4 | 4 | |
9.Mutimedia Interaktif | - | - | - | - | 4 | 4 | |
10. Kerja Proyek | - | - | - | - | - | 12 | |
18 | 18 | 24 | 24 | ||||
TOTAL | 48 | 48 | 48 | 48 | 48 | 48 |
Awalnya kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum 2004. Seiring dengan perkembangan, kini kurikulum yang digunakan adalah KTSP 2009. Berikut adalah daftar kompetensi yang dilatihkan pada Kompetensi Keahlian Multimedia.
A. Dasar Kompetensi Keahlian
No. |
STANDAR KOMPETENSI |
KOMPETENSI DASAR |
|
1 |
Merakit personal computer |
1.1 |
Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi |
|
|
1.2 |
Melakukan instalasi komponen PC |
|
|
1.3 |
Melakukan keselamatan kerja dalam merakit komputer |
|
|
1.4 |
Mengatur komponen PC menggunakan software(melalui setup BIOS dan aktifasi komponen sistem operasi). |
|
|
1.5 |
Menyambung periferal menggunakan Software |
|
|
1.6 |
Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasanganperiferal. |
2 |
Melakukan instalasi sistem operasi dasar |
2.1 |
Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi |
|
|
2.2 |
Melaksanakan instalasi software sesuaiInstallation Manual |
|
|
2.3 |
Mengecek hasil instalasi menggunakan software(sampling) |
|
|
2.4 |
Melakukan troubleshooting. |
3 |
Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) |
3.1 |
Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) |
|
|
3.2 |
Melaksanakan prosedur K3 |
|
|
3.3 |
Menerapkan konsep lingkungan hidup |
|
|
3.4 |
Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan. |
No. |
STANDAR KOMPETENSI |
|
KOMPETENSI DASAR |
---|---|---|---|
1 |
Memahami etimologi multimedia |
1.1 |
Mendeskripsikan tentang multimedia |
|
|
1.2 |
Menjelaskan multimedia content production |
|
|
1.3 |
Menjelaskan multimedia communication. |
2 |
Memahami alir proses produksi produk multimedia |
2.1 |
Menjelaskan proses pre production multimedia |
|
|
2.2 |
Menjelaskan proses production multimedia |
|
|
2.3 |
Menjelaskan proses post productionmultimedia. |
3 |
Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual |
3.1 |
Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana) |
|
3.2 |
Membuat sketsa |
|
|
untuk multimedia |
3.3 |
Menggambar perspektif |
|
|
3.4 |
Menggambar objek |
|
|
3.5 |
Menggambar ilustrasi. |
4 |
Mengoperasikan software gambar vektor |
4.1 |
Mempersiapkan software pengolah gambar vektor (digital illustration) |
|
|
4.2 |
Mengenali menu, membuat, membuka, menyimpan file gambar vektor |
|
|
4.3 |
Melakukan lay-out dan editing sederhana |
|
|
4.4 |
Mencetak file gambar vektor |
5 |
Mengoperasikan software gambar raster |
5.1 |
Mempersiapkan software pengolah gambar raster (digital imaging) |
|
|
5.2 |
Membuat objek baru dengan menggunakan tulisan tangan (free-hand) |
|
|
5.3 |
Menerapkan efek visual pada objek gambar |
|
|
5.4 |
Membuat animasi |
6 |
Merawat peralatan multimedia |
6.1 |
Menjelaskan langkah-langkah perawatan peralatan multimedia |
|
|
6.2 |
Melakukan perawatan peralatan multimedia |
|
|
6.6 |
Membuat kartu perawatan peralatan multimedia. |
7 |
Mengoperasikan software desain web |
7.1 |
Mempersiapkan software web (web design) |
|
|
7.2 |
Mengenali tag-tag HTML, membuat, membuka, menyimpan file halaman web |
|
|
7.3 |
Melakukan pembuatan halaman web dengansoftware web |
8 |
Mengelola isi halaman web |
8.1 |
Memeriksa informasi untuk relevansi dancurrency |
|
|
8.2 |
Memeriksa links dan navigasi |
|
|
8.3 |
Mengedit informasi sesuai kebutuhan |
|
|
8.4 |
Menguji dan memastikan perubahan perubahan. |
9 |
Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi |
9.1 |
Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera video |
|
|
9.2 |
Mengoperasikan kamera video |
|
|
9.3 |
Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar |
|
|
9.4 |
Mengoperasikan kamera |
|
|
9.5 |
Menata kabel-kabel kamera |
|
|
9.6 |
Mengoperasikan clapper board. |
10 |
Mengoperasikan software |
10.1 |
Mempersiapkan softwaredigital audio |
|
video editing |
10.2 |
Mengenali menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file audio digital |
|
|
10.3 |
Melakukan penyuntingan audio |
|
|
10.4 |
Mengintegrasikan audio ke dalam multimedia |
11 |
Menguasai cara |
11.1 |
Menjelaskan syarat animasi |
|
menggambar kunci untuk |
11.2 |
Membuat gambar kunci |
|
animasi |
11.3 |
Mengatur dan melengkapi gambar kunci. |
12 |
Menguasai cara |
12.1 |
Mendeskripsikan gambar yang asli |
|
menggambar clean-up |
12.2 |
Membuat gambar-gambar asli |
|
dan sisip |
12.3 |
Mendeskripsikan gambar tiga dimensi |
|
|
12.4 |
Membuat gambar tiga dimensi. |
13 |
Menguasai dasar animasi |
13.1 |
Mendeskripsikan syarat-syarat animasi |
|
stop-motion (bidang datar) |
13.2 |
Membuat model warna dan tempat warna. |
14 |
Menggabungkan teks |
14.1 |
Menggunakan software teks multimedia |
|
Kedalam sajian multimedia |
14.2 |
Mendesain teks multimedia. |
15 |
Menggabungkan gambar |
15.1 |
Mengedit gambar digital |
|
2D kedalam sajian multimedia |
15.2 |
Menggunakan software grafik multimedia 2D |
|
|
15.3 |
Menciptakan design grafik Multimedia 2D |
|
|
15.4 |
Menampilkan karya seni digital 2D. |
16 |
Menggabungkan fotografi |
16.1 |
Menggunakan kamera digital |
|
digital kedalam sajian multimedia |
16.2 |
Menggabungkan foto digital kedalam rangkaian Multimedia |
|
|
16.3 |
Menciptakan susunan karya seni foto digital dan grafik 2D. |
17 |
Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia |
17.1 |
Menjabarkan format audio digital |
|
|
17.2 |
Menggunakan software audio digital |
|
|
17.3 |
Merancang audio digital |
|
|
17.4 |
Membangun track audio digital. |
18 |
Membuat story board |
18.1 |
Mengidentifikasi kebutuhan |
|
aplikasi multimedia |
18.2 |
Merencanakan alur isi story board |
|
|
18.3 |
Medeskripsikan proses pelaksanaan dalamstory board. |
19 |
Memahami cara |
19.1 |
Menjelaskan dasar tata cahaya |
|
penggunaan peralatan |
19.2 |
Menjelaskan efek cahaya |
|
tata cahaya. |
19.3 |
Menyiapkan operasi lighting |
20 |
Menerapkan efek khusus pada objek produksi |
20.1 |
Mengidentifikasikan materi penunjang efek khusus |
|
|
20.2 |
Menginstallasi software efek khusus |
|
|
20.3 |
Membuat efek khusus pada obyek. |
21 |
Menyusun proposal |
21.1 |
Menganalisa syarat-syarat proyek |
|
penawaran |
21.2 |
Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan |
|
|
21.3 |
Membuat rancangan biaya biaya dan sumber sumber yang ada |
|
|
21.4 |
Membuat proposal |
|
|
21.5 |
Membuat pengajuan permohonan tender |
Saat ini Bidang Studi Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi memiliki 3 orang guru pengajar produktif, terdiri dari 1 Guru Tetap/PNS, dan sisanya Guru Tidak Tetap/Honorer. Seluruhnya S1.
D. SaranaKekurangan sarana menjadi hambatan pengembangan. Tetapi dari waktu ke waktu dilakukan perbaikan. Saat ini, Bidang Studi KeahlianTeknologi Informasi dan Komunikasimemiliki dua ruang komputer yang cukup representative dengan jumlah komputer terus ditambah untuk mengejar rasio 1 : 1 atau setidaknya 1 : 2. Selain komputer Bidang Studi Keahlian juga memiliki sarana belajar lain, diantaranya ; 3 unit kamera digital, 3 unit kamera video digital, 2 unit scanner, 2 unit printer, dan beberapa meja gambar animasi.
E. SiswaAnimo pendaftar ke Bidang Studi KeahlianTeknologi Informasi dan Komunikasi sangat besar. Tetapi mengingat keterbatasan sarana dan staf pengajar seperti yang diurai di atas, maka saat ini Bidang Studi KeahlianTeknologi Informasi dan Komunikasi hanya memiliki empat rombongan belajar dengan komposisi sebagai berikut:
Tabel 27. Data Keadaan Siswa Bidang Studi Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun pelajaran 2009/2010
Kelas |
Siswa Laki-laki |
Siswa Perempuan |
Jumlah Siswa |
10 |
29 |
34 |
63 |
11 |
19 |
11 |
30 |
12 |
18 |
19 |
37 |
Jumlah Seluruhnya |
66 |
64 |
130 |
Dari tiga angkatan lulusan Bidang Studi KeahlianTeknologi Informasi dan Komunikasi20% melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, pada umumnya D3 atau S1 pada jurusan komputer atau informatika. Tiga puluh persen bekerja pada bidang yang sesuai, 20% bekerja pada bidang yang kurang/tidak sesuai, sisanya tidak diperoleh informasi.
G. Program UnggulanDari tiga angkatan lulusan Bidang Studi KeahlianTeknologi Informasi dan Komunikasi20% melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, pada umumnya D3 atau S1 pada jurusan komputer atau informatika. Tiga puluh persen bekerja pada bidang yang sesuai, 20% bekerja pada bidang yang kurang/tidak sesuai, sisanya tidak diperoleh informasi.
H. Unit ProduksiSebagai sarana berlatih bagi siswa, Bidang Studi KeahlianTeknologi Informasi dan Komunikasimemiliki unit produksi. Layanan yang diberikan oleh unit produksi program multimedia, antara lain :
Selain melayani unit-unit di SMK Negeri 1 Cibadak, unit produksi juga melayani masyarakat umum.
I. Program InovasiCISCO adalah program training jaringan komputer berbasis Web (e-learning) SMK Negeri yang pertama di Kabupaten Sukabumi, dilaksanakan mulai tahun 2009. Dilaksanakan secara on-line yang diakses melalui situs cisco.netacad.net. Metode pengajaran CNAP merupakan kombinasi antara teori dan praktik sesuai dengan kurikulum yang disusun sendiri oleh Cisco System dan berlaku untuk Cisco Networking Academy di seluruh dunia. Tujuan dari program Cisco Academy adalah untuk menghasilkan Network Engineer yang mampu dalam mendesain, membangun, dan merawat jaringan komputer (LAN & WAN) dengan berbasiskan perangkat jaringan dari Cisco System.
Proses belajar-mengajar difasilitasi oleh instruktur yang memiliki sertifikasi Cisco Certified Network Associate (CCNA) dan Cisco Certified Academy Instructor (CCAI) dari Cisco System. Dengan demikian kompetensi dan kapabilitas instruktur Cisco Academy terstandarisasi secara global sehingga kualitas training terjaga dengan standar yang tinggi. Pelaksanaan ujian sertifikasi internasional dilakukan bekerjasama dengan VUE Authorized Testing Centre dan Prometric Authorized Testing Center untuk mendapakan sertifikat internasional Cisco Certified Network Associate (CCNA).
Lulusan program CNAP dengan sertifikasi CCNA diakui kualitasnya secara mendunia. Melalui jaringan kerja internasional dari Cisco System, alumnus CNAP banyak bekerja di berbagai perusahaan multinasional. Kebutuhan akan tenaga kerja profesional bersetifikat CCNA di Amerika, Eropa, Australia, maupun Indonesia, menjadikan alumnus program CNAP memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bersaing di dunia teknologi informasi.
b) Manajemen OperasionalLulusan program CNAP dengan sertifikasi CCNA diakui kualitasnya secara mendunia. Melalui jaringan kerja internasional dari Cisco System, alumnus CNAP banyak bekerja di berbagai perusahaan multinasional. Kebutuhan akan tenaga kerja profesional bersetifikat CCNA di Amerika, Eropa, Australia, maupun Indonesia, menjadikan alumnus program CNAP memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bersaing di dunia teknologi informasi.
Jobitcom Networks juga menyediakan peluang bekerja dan berkarir bagi para alumni Cisco Academy yang kami kelola di pelbagai perusahaan terkemuka Indonesia yang membutuhkan tenaga profesional IT. Perusahaan-perusahaan tsb adalah perusahaan yang bermitra dengan Jobitcom Networks sebagai member employer di Jobitcom. Peluang cerah ini dimungkinkan karena Jobitcom juga merupakan Situs Lowongan Kerja dan Karir Terbesar di Indonesia bagi profesional IT.