Call Us: (0266) 532510
Follow Us:

Multimedia

  • Home
  • Program Studi
  • Multimedia

Profil Jurusan

A. Sejarah

Bidang Studi KeahlianTeknologi Informasi dan Komunikasi di SMK Negeri 1 Cibadak, baru dibuka pada Tahun Pelajaran 2004/2005. Kompetensi keahlian yang dikembangkan adalah Multimedia.

B. Kurikulum 2013
MATA PELAJARAN KELAS
X XI XII
1 2 1 2 1 2
Kel(Wajib)            
1 Pendidikan Agama dan Budi Ptd> 3 3 3 3 3 3
2 Pendidikan PancasKewarganegaraan 2 2 2 2 2 2
3 Bahasa Indonesia 4 4 4 4 4 4
4 Matematika 4 4 4 4 4 4
5 Sejarah Indonesia 2 2 2 2 2 2
6 Bahasa Inggris 2 2 2 2 2 2
Kel(Wajib)            
7 Seni Budaya 2 2 2 2 2 2
8 Prakarya dan Kewirausahaan 2 2 2 2 2 2
9 Pendidikan Jasmani, Olah RagKesehatan 3 3 3 3 3 3
Kel(Peminatan)            
C1Dasar Bidang Keahlian
10 Fisika 2 2 2 2 - -
11 Pemrograman Dasar 2 2 2 2 - -
12 Sistem Komputer 2 2 2 2 - -
C2Dasar Program Keahlian
13 Perakitan Komputer 4 4 - - - -
14 Simulasi Digital 3 3 - - - -
15 Sistem Operasi 3 3 - - - -
16 Jaringan Dasar 4 4 - - - -
17 Pemrograman Web 4 4 - - - -
C3Paket Keahlian
        18 18 24 24
  Paket Keahlian Multimedia - - 18 18 24 24
      1.Multimedia - - 2 2   -
      2. Pengolahan Citra Digital - - 4 4 4 -
      3.Animasi 2 Dimensi - - 4 4    
      4.Animasi 3 Dimensi - - 4 4    
18     5. KoFoto Digital - - 4 4 4 -
      6.Pengambilan Gambar Bergerak -   - - 4 4
      7.Pengolahan Audio - - - - 4 -
      8.Pengolahan Video - - - - 4 4
      9.Mutimedia Interaktif - - - - 4 4
    10. Kerja Proyek - - - - - 12
        18 18 24 24
  TOTAL 48 48 48 48 48 48

 

Awalnya kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum 2004. Seiring dengan perkembangan, kini kurikulum yang digunakan adalah KTSP 2009. Berikut adalah daftar kompetensi yang dilatihkan pada Kompetensi Keahlian Multimedia.

A. Dasar Kompetensi Keahlian

No.

STANDAR KOMPETENSI

 

KOMPETENSI DASAR

1

Merakit personal computer

1.1

Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi

 

 

1.2

Melakukan instalasi komponen PC

 

 

1.3

Melakukan keselamatan kerja dalam merakit komputer

 

 

1.4

Mengatur komponen PC menggunakan software(melalui setup BIOS dan aktifasi komponen sistem operasi).

 

 

1.5

Menyambung periferal menggunakan Software

 

 

1.6

Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasanganperiferal.

2

Melakukan instalasi sistem operasi dasar

2.1

Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi

 

 

2.2

Melaksanakan instalasi software sesuaiInstallation Manual

 

 

2.3

Mengecek hasil instalasi menggunakan software(sampling)

 

 

2.4

Melakukan troubleshooting.

3

Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)

3.1

Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)

 

 

3.2

Melaksanakan prosedur K3

 

 

3.3

Menerapkan konsep lingkungan hidup

 

 

3.4

Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.


B. Kompetensi Kejuruan

No.

STANDAR KOMPETENSI

 

KOMPETENSI DASAR

1

Memahami etimologi multimedia

1.1

Mendeskripsikan tentang multimedia

 

 

1.2

Menjelaskan multimedia content production

 

 

1.3

Menjelaskan multimedia communication.

2

Memahami alir proses produksi produk multimedia

2.1

Menjelaskan proses pre production multimedia

 

 

2.2

Menjelaskan proses production multimedia

 

 

2.3

Menjelaskan proses post productionmultimedia.

3

Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual

3.1

Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)

 

3.2

Membuat sketsa

 

untuk multimedia

3.3

Menggambar perspektif

 

 

3.4

Menggambar objek

 

 

3.5

Menggambar ilustrasi.

4

Mengoperasikan software gambar vektor

4.1

Mempersiapkan software pengolah gambar vektor (digital illustration)

 

 

4.2

Mengenali menu, membuat, membuka, menyimpan file gambar vektor

 

 

4.3

Melakukan lay-out dan editing sederhana

 

 

4.4

Mencetak file gambar vektor

5

Mengoperasikan software gambar raster

5.1

Mempersiapkan software pengolah gambar raster (digital imaging)

 

 

5.2

Membuat objek baru dengan menggunakan tulisan tangan (free-hand)

 

 

5.3

Menerapkan efek visual pada objek gambar

 

 

5.4

Membuat animasi

6

Merawat peralatan multimedia

6.1

Menjelaskan langkah-langkah perawatan peralatan multimedia

 

 

6.2

Melakukan perawatan peralatan multimedia

 

 

6.6

Membuat kartu perawatan peralatan multimedia.

7

Mengoperasikan software desain web

7.1

Mempersiapkan software web (web design)

 

 

7.2

Mengenali tag-tag HTML, membuat, membuka, menyimpan file halaman web

 

 

7.3

Melakukan pembuatan halaman web dengansoftware web

8

Mengelola isi halaman web

8.1

Memeriksa informasi untuk relevansi dancurrency

 

 

8.2

Memeriksa links dan navigasi

 

 

8.3

Mengedit informasi sesuai kebutuhan

 

 

8.4

Menguji dan memastikan perubahan perubahan.

9

Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi

9.1

Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera video

 

 

9.2

Mengoperasikan kamera video

 

 

9.3

Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar

 

 

9.4

Mengoperasikan kamera

 

 

9.5

Menata kabel-kabel kamera

 

 

9.6

Mengoperasikan clapper board.

10

Mengoperasikan software

10.1

Mempersiapkan softwaredigital audio

 

video editing

10.2

Mengenali menu dan area kerja, serta membuat, membuka, menyimpan file audio digital

 

 

10.3

Melakukan penyuntingan audio

 

 

10.4

Mengintegrasikan audio ke dalam multimedia

11

Menguasai cara

11.1

Menjelaskan syarat animasi

 

menggambar kunci untuk

11.2

Membuat gambar kunci

 

animasi

11.3

Mengatur dan melengkapi gambar kunci.

12

Menguasai cara

12.1

Mendeskripsikan gambar yang asli

 

menggambar clean-up

12.2

Membuat gambar-gambar asli

 

dan sisip

12.3

Mendeskripsikan gambar tiga dimensi

 

 

12.4

Membuat gambar tiga dimensi.

13

Menguasai dasar animasi

13.1

Mendeskripsikan syarat-syarat animasi

 

stop-motion (bidang datar)

13.2

Membuat model warna dan tempat warna.

14

Menggabungkan teks

14.1

Menggunakan software teks multimedia

 

Kedalam sajian multimedia

14.2

Mendesain teks multimedia.

15

Menggabungkan gambar

15.1

Mengedit gambar digital

 

 2D kedalam sajian multimedia

15.2

Menggunakan software grafik multimedia 2D

 

 

15.3

Menciptakan design grafik Multimedia 2D

 

 

15.4

Menampilkan karya seni digital 2D.

16

Menggabungkan fotografi

16.1

Menggunakan kamera digital

 

 digital kedalam sajian multimedia

16.2

Menggabungkan foto digital kedalam rangkaian Multimedia

 

 

16.3

Menciptakan susunan karya seni foto digital dan grafik 2D.

17

Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia

17.1

Menjabarkan format audio digital

 

 

17.2

Menggunakan software audio digital

 

 

17.3

Merancang audio digital

 

 

17.4

Membangun track audio digital.

18

Membuat story board

18.1

Mengidentifikasi kebutuhan

 

aplikasi multimedia

18.2

Merencanakan alur isi story board

 

 

18.3

Medeskripsikan proses pelaksanaan dalamstory board.

19

Memahami cara

19.1

Menjelaskan dasar tata cahaya

 

 penggunaan peralatan

19.2

Menjelaskan efek cahaya

 

 tata cahaya.

19.3

Menyiapkan operasi lighting

20

Menerapkan efek khusus pada objek produksi

20.1

Mengidentifikasikan materi penunjang efek khusus

 

 

20.2

Menginstallasi software efek khusus

 

 

20.3

Membuat efek khusus pada obyek.

21

Menyusun proposal

21.1

Menganalisa syarat-syarat proyek

 

penawaran

21.2

Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan

 

 

21.3

Membuat rancangan biaya biaya dan sumber sumber yang ada

 

 

21.4

Membuat proposal

 

 

21.5

Membuat pengajuan permohonan tender


C. Staf Pengajar

Saat ini Bidang Studi Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi memiliki 3 orang guru pengajar produktif, terdiri dari 1 Guru Tetap/PNS, dan sisanya Guru Tidak Tetap/Honorer. Seluruhnya S1.

D. Sarana

Kekurangan sarana menjadi hambatan pengembangan. Tetapi dari waktu ke waktu dilakukan perbaikan. Saat ini, Bidang Studi KeahlianTeknologi Informasi dan Komunikasimemiliki dua ruang komputer yang cukup representative dengan jumlah komputer terus ditambah untuk mengejar rasio 1 : 1 atau setidaknya 1 : 2. Selain komputer Bidang Studi Keahlian juga memiliki sarana belajar lain, diantaranya ; 3 unit kamera digital, 3 unit kamera video digital, 2 unit scanner, 2 unit printer, dan beberapa meja gambar animasi.

E. Siswa

Animo pendaftar ke Bidang Studi KeahlianTeknologi Informasi dan Komunikasi sangat besar. Tetapi mengingat keterbatasan sarana dan staf pengajar seperti yang diurai di atas, maka saat ini Bidang Studi KeahlianTeknologi Informasi dan Komunikasi hanya memiliki empat rombongan belajar dengan komposisi sebagai berikut:

Tabel 27. Data Keadaan Siswa Bidang Studi Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun pelajaran 2009/2010

Kelas

Siswa Laki-laki

Siswa Perempuan

Jumlah Siswa

10

29

34

63

11

19

11

30

12

18

19

37

Jumlah Seluruhnya

66

64

130


F. Lulusan

Dari tiga angkatan lulusan Bidang Studi KeahlianTeknologi Informasi dan Komunikasi20% melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, pada umumnya D3 atau S1 pada jurusan komputer atau informatika. Tiga puluh persen bekerja pada bidang yang sesuai, 20% bekerja pada bidang yang kurang/tidak sesuai, sisanya tidak diperoleh informasi.

G. Program Unggulan

Dari tiga angkatan lulusan Bidang Studi KeahlianTeknologi Informasi dan Komunikasi20% melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, pada umumnya D3 atau S1 pada jurusan komputer atau informatika. Tiga puluh persen bekerja pada bidang yang sesuai, 20% bekerja pada bidang yang kurang/tidak sesuai, sisanya tidak diperoleh informasi.

H. Unit Produksi

Sebagai sarana berlatih bagi siswa, Bidang Studi KeahlianTeknologi Informasi dan Komunikasimemiliki unit produksi. Layanan yang diberikan oleh unit produksi program multimedia, antara lain :

  1. Rental
  2. Pengetikan
  3. Install software
  4. Backup data
  5. Perbaikan komputer
  6. Video shoot dan video edit
  7. Pembuatan CD tutorial interaktif
  8. Scan
  9. Desain
  10. Print
  11. Pemotretan

Selain melayani unit-unit di SMK Negeri 1 Cibadak, unit produksi juga melayani masyarakat umum.

I. Program Inovasi
a) Cisco Networking Academy Program (CNAP)

CISCO adalah program training jaringan komputer berbasis Web (e-learning) SMK Negeri yang pertama di Kabupaten Sukabumi, dilaksanakan mulai tahun 2009. Dilaksanakan secara on-line yang diakses melalui situs cisco.netacad.net. Metode pengajaran CNAP merupakan kombinasi antara teori dan praktik sesuai dengan kurikulum yang disusun sendiri oleh Cisco System dan berlaku untuk Cisco Networking Academy di seluruh dunia. Tujuan dari program Cisco Academy adalah untuk menghasilkan Network Engineer yang mampu dalam mendesain, membangun, dan merawat jaringan komputer (LAN & WAN) dengan berbasiskan perangkat jaringan dari Cisco System.

Proses belajar-mengajar difasilitasi oleh instruktur yang memiliki sertifikasi Cisco Certified Network Associate (CCNA) dan Cisco Certified Academy Instructor (CCAI) dari Cisco System. Dengan demikian kompetensi dan kapabilitas instruktur Cisco Academy terstandarisasi secara global sehingga kualitas training terjaga dengan standar yang tinggi. Pelaksanaan ujian sertifikasi internasional dilakukan bekerjasama dengan VUE Authorized Testing Centre dan Prometric Authorized Testing Center untuk mendapakan sertifikat internasional Cisco Certified Network Associate (CCNA).

Lulusan program CNAP dengan sertifikasi CCNA diakui kualitasnya secara mendunia. Melalui jaringan kerja internasional dari Cisco System, alumnus CNAP banyak bekerja di berbagai perusahaan multinasional. Kebutuhan akan tenaga kerja profesional bersetifikat CCNA di Amerika, Eropa, Australia, maupun Indonesia, menjadikan alumnus program CNAP memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bersaing di dunia teknologi informasi.

b) Manajemen Operasional

Lulusan program CNAP dengan sertifikasi CCNA diakui kualitasnya secara mendunia. Melalui jaringan kerja internasional dari Cisco System, alumnus CNAP banyak bekerja di berbagai perusahaan multinasional. Kebutuhan akan tenaga kerja profesional bersetifikat CCNA di Amerika, Eropa, Australia, maupun Indonesia, menjadikan alumnus program CNAP memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bersaing di dunia teknologi informasi.

Jobitcom Networks juga menyediakan peluang bekerja dan berkarir bagi para alumni Cisco Academy yang kami kelola di pelbagai perusahaan terkemuka Indonesia yang membutuhkan tenaga profesional IT. Perusahaan-perusahaan tsb adalah perusahaan yang bermitra dengan Jobitcom Networks sebagai member employer di Jobitcom. Peluang cerah ini dimungkinkan karena Jobitcom juga merupakan Situs Lowongan Kerja dan Karir Terbesar di Indonesia bagi profesional IT.