Call Us: (0266) 532510
Follow Us:

Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura

  • Home
  • Program Studi
  • Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura

Profil Jurusan

A. Sejarah

Program studi keahlian yang dahulu namanya jurusan kemudian dirubah lagi menjadi bidang keahlian merupakan bagian subsistem dari sekolah kejuruan, oleh sebab itu keberhasilan dari sekolah kejuruan ditentukan oleh keberhasilan dari manajemen di jurusan atau Program Studi Keahlian. Program Studi Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman adalah subsistem dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Cibadak, saat ini Program Studi Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman sudah berkembang pesat dengan memiliki beberapa fasilitas diantaranya Lahan praktik yang luas dan Green House dibanding ketika awal-awal didirikan Program Studi ini, namun fasilitas ini tidaklah cukup untuk melayani dan melaksanakan kompetensi-kompetensi yang berbasis teknologi dan tuntutan dunia kerja saat ini, walau serba kekurangan menurut ukuran kemajuan teknologi pertanian saat ini tetapi keberadaannya masih dapat dikembangkan dari tahun-ke tahun yang menjadi lebih baik.

B. Sasaran Mutu

Sasaran mutu yang ingin dicapai di unit kerja Program Studi Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman, berpedoman pada sasaran mutu yang sudah ditentukan di tingkat institusi SMK Negeri 1 Cibadak, dengan penjabaran yang lebih spesifik dan disesuaikan dengan kemampuan serta kondisi yang ada di unit kerja Program Studi Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman.

Sasaran mutu yang ingin dicapai adalah :

  1. Meningkatkan Tingkat kepuasan pelanggan pada pembelajaran produktif minimal mencapai skor 3,90.
  2. Tingkat kehadiran siswa dalam pembelajaran minimal 97.8%.
  3. Tingkat kehadiran guru produktif dalam pembelajaran minimal mencapai 99%.
  4. Tingkat kelulusan Ujian Nasional dan Uji Kompetensi kelas 12 mencapai 100%.
  5. Tingkat kenaikan kelas 10 dan 12 mencapai 99%.
  6. Penataan lingkungan Jurusan mencapai skor 7,5 dari skor 1 sampai 10.
  7. Minimal terbentuk 2 Unit Produksi di Program Studi Keahlian
C. Tenaga Pengajar

Tenaga pengajar di Program Studi Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman terdiri dari 8 orang Guru Tetap, dengan tingkat/kualifikasi pendidikan terdiri dari :

Sarjana Strata 2 (S2/A-IV) 4 Orang
Sarjana Strata 1 (S1/A-IV)  4 Orang

Serta dibantu 1 (satu) orang teknisi

D. Siswa

Saat ini siswa Program studi Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman SMK Negeri 1 Cibadak seluruhnya berjumlah 266 orang dengan perincian sebagai berikut :

 Kompetensi Keahlian  Kelas 10   Rombe Kelas11   Rombel Kelas12   Rombel   Jumlah Rombel
Agribisnis Produksi Tanaman      87      3      67       2    112        4     266      9

E. Sarana dan Prasarana

Sarana dan Prasarana yang dimiliki oleh program studi Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman dapat dikelompokan menjadi beberapa kelompok yaitu

  1. Lahan Praktik budidaya seluas 2,6 ha
  2. Green House 3 buah
  3. Ruang Belajar 5 lokal
  4. Ruang kantor 1 lokal
  5. Gudang alat 1 lokal
  6. WC 2 buah
  7. Perpustakaan
  8. Peralatan praktik
F. Hubungan dan Kerjasama

antara sekolah dengan dunia usaha dan industri telah terjalin dengan baik khususnya penempatan siswa dalam program Praktik Kerja Industri (Prakerin) dan penunjukan tim penilai eksternal pada kegiatan Uji Kompetensi. Setiap tahunnya sekitar 15 lembaga baik pemerintah maupun dunia industri yang melakukan kerjasama dalam kegiatan Prakerin. Saat ini bahkan telah direalisasi MoU dengan 1 (satu) perusahaan yang bertaraf Internasional. Dalam beberapa tahun mendatang menargetkan menjadi 3 MoU Industri/Institusi dan 22 institusi sebagai tempat Prakerin.

Beberapa Industri/institusi yang telah bekerjasama diantaranya OISCA Training Centre Kabupaten Sukabumi, Balithis Cipanas-Cianjur, PT.Talenta Lembang, PT. Agro 73, P4TK Pertanian Cianjur, Balitsa Lembang, PT. Pacet Segar Cianjur, PT. Bio Farma Bandung dan industri/Instansi Pemerintah lainnya.

G. Prestasi Siswa dan Sekolah
1. Akademik

Dari tahun ke tahun tingkat kelulusan siswa mencapai 100% baik uji praktik kompetensi maupun ujian Nasional,dengan nilai yang memuaskan. Selain itu, dalam kegiatan praktik kerja diindustri secara umum seluruh siswa dapat mengikuti dengan hasil yang baik.

2. Prestasi

Prestasi lain yang pernah didapat dari Program Studi Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman antara lain juara Harapan I Olimpiade Saint tingkat Nasional pada tahun 2008 dan Juara III Lomba Kompetensi Siswa tingkat propinsi pada tahun 2005 dan 2006 dan 2 orang siswa lolos seleksi tingkat Kabupaten Sukabumi untuk mewakili pertukaran pelajar seni budaya ke Jepang pada tahun 2008.

H. Program Studi Keahlian

Program Studi Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman memliki kompetensi Keahlian :

  1. Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (untuk kelas 10 dan 11)
  2. Budidaya Tanaman Sayuran (kelas 12)
  3. Budidaya Tanaman Hias (kelas 12)

I. Output dari Program Studi Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman

  1. Mampu merencanakan dan mengelola usaha tani tanaman pangan, sayuran, buah-buahan,perkebunan dan tanaman hias.
  2. Mampu menangkarkan bibit buah-buahan unggul bermutu bersertifikat.
  3. Mampu menangkarkan benih tanaman pangan dan palawija.
  4. Mampu membudidayakan tanaman pangan, sayuran, buah-buahan, perkebunandan tanaman hias.
  5. Mampu membudidayakan tanaman secara hidroponik
  6. Mampu membudidayakan tanaman dengan sistem pertanian organik.
  7. Mampu mengoperasikan alat-alat mekanisasi pertanian misalnya traktor, pompaair, sprayer dsb.
J. Pembelajaran

Kompetensi dasar diajarkan di kelas 10 Pada tahun pertama ini siswa belajar tentang dasar-dasar kejuruan sesuai dengan Program Studi Keahlian yang dipilih. Berbagai keahlian kejuruan diajarkan secara komprehensif, mendalam dan intensif di kelas 11. Pada awal kelas 12, siswa melakukan magang (praktik kerja) di perusahaan agribisnis dan agroindustri selama 3 (tiga) bulan penuh. Setelah kembali ke kampus, setiap siswa mengelola suatu usaha agribisnis/agroindustri secara mandiri dengan modal usaha (seed capital) dari sekolah. Mereka menjalankan usahanya dengan prinsip-prinsip wirausaha, Menjelang akhir tahun ketiga, setiap siswa menempuh uji kompetensi berstandar nasional dengan penguji dari unsur dunia industri. Sertifikat akan diberikan kepada siswa yang lulus uji kompetensi tersebut.

K. Kegiatan Siswa (Ekstra Kurikuler)

Untuk membekali kemampuan tambahan serta menyalurkan bakat dan minat siswa, di Program Studi Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman SMK negeri 1 Cibadak dikembangkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler antara lain : Pembibitan tanaman, budidaya tanaman hias, budidaya sayuran daun dan buah, pangan dan pembuatan pupuk Bokashi.

L. Unit Produksi

Program Kerja pengembangan program studi keahlian dibatasi pada rencana penanaman komoditas yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar dan sekaligus sebagai kegiatan unit produksi semi profesional karena kegiatannya hampir sepenuhnya ditangani oleh siswa dengan dibawah bimbingan guru yang berkaitan

Tabel 22. Data Kondisi Unit Produksi dan Guru Pendamping pada Program Studi Keahlian Budidaya Tanaman

Komoditas Tanaman Luas Area Pelaksanaan Kelas Guru Pendamping
Sayuran
  • Tomat
  • Cabe
  • Kangkung
7500 m2
2000 m2
2000 m2
Nov ? feb 10, 12 Ir. Suryanto, MMPd
Rohman Hasanudin, SP
Pangan
  • Padi
  • Jagung
  • Kacang Tanah
7500 m2
5000 m2
5000 m2
Nov ? Mei 10, 11 Rohman Hasanudin, SP
Teguh Saputra, SP
  • Tanaman Buah
  • Nanas
  • Rosela
500 m2
200 bibit
300 bibit
Nov 10 Ir Deny K Dewi,MM
Ella Melawati, SP
  • Pembibitan
300 m2 Oktober 10,11 Rani Nuraeni, SP
Asep Suhendi, S.Hut, S.Pd
Ella Melawati, SP
  • Pupuk Bokashi
  Nov 11,12 Asep Suhendi, S.Hut, S.Pd
Teguh Saputra, SP